Portal pengetahuan(Knowledge Portal atau KP) merupakan tempat kerja
maya (virtual workplaces) yang mempromosikan upaya berbagi pengetahuan
yang aman, diantara bebera[a katagori dari pengguna akhir. KP
memberikan kemudahan akses pada data terstruktur yang tersimpan dan
mengorganisasikan data yang tidak terstruktur. Aplikasi berbasis web
ini memberikan satu tempat akses pada informasi online, dan mampu
menyederhanakan akses ke data yang tersimpan dalam berbagai sistem
aplikasi. Selin itu juga mampu memfasilitasi kolaborasi antar tenaga
ahli dan membantu perusahaan dalam menjangkau pelanggan-penggannya.
Portal dapat memberikan solusi dan mengubah tantangan-tantangan
bisnis saat ini, terkait dengan: waktu penyerahan yang lebih cepat,
pergantian staf, permintaan pelanggan dan investor yang lebih kompleks,
peningkatan yang tajam dalam pengelolaan dokumen elektronik yg menjadi
informasi bisnis kunci dan kecepatan dalam pengelolaan konten yang
meningkat jumlah dan jenisnya. Beberapa jenis portal antara lain
pengumpulan informasi (Gathering), penggolongan infdormasi
(Categorization), penyebaran (Distribution), kerja sama dan kemitraan
(Collaboration), pemublikasian, persoalisasi dan kustomisasi, serta
untuk navigasi atau pencarian informasi.
Sumber : http://blog.trisakti.ac.id/informazi/2011/12/07/knowledge-portal-dan-km-tools/
KNOWLEDGE PORTAL PPT
Contoh Kasus :
http://www.detik.com/
Pada website www.detik.com memiliki kategori portal :
Sumber : http://blog.trisakti.ac.id/informazi/2011/12/07/knowledge-portal-dan-km-tools/
KNOWLEDGE PORTAL PPT
Contoh Kasus :
http://www.detik.com/
- Gathering
- Categorization
- Collaboration
- Publish
- Search / Navigate
Tidak ada komentar:
Posting Komentar