Sabtu, 25 Mei 2013

KNOWLEDGE PORTAL

Portal pengetahuan(Knowledge Portal atau KP) merupakan tempat kerja maya (virtual workplaces) yang mempromosikan upaya berbagi pengetahuan yang aman, diantara bebera[a katagori dari pengguna akhir.  KP memberikan kemudahan akses pada data terstruktur yang tersimpan dan mengorganisasikan data yang tidak terstruktur.  Aplikasi berbasis web ini memberikan satu tempat akses pada informasi online, dan mampu menyederhanakan akses ke data yang tersimpan dalam berbagai sistem aplikasi. Selin itu juga mampu memfasilitasi kolaborasi antar tenaga ahli dan membantu perusahaan dalam menjangkau pelanggan-penggannya.
Portal dapat memberikan solusi dan mengubah tantangan-tantangan bisnis saat ini, terkait dengan: waktu penyerahan yang lebih cepat, pergantian staf,  permintaan pelanggan dan investor yang lebih kompleks, peningkatan yang tajam dalam pengelolaan dokumen elektronik yg menjadi informasi bisnis kunci dan kecepatan dalam pengelolaan konten yang meningkat jumlah dan jenisnya. Beberapa jenis portal antara lain pengumpulan informasi (Gathering), penggolongan infdormasi (Categorization), penyebaran (Distribution), kerja sama dan kemitraan (Collaboration), pemublikasian, persoalisasi dan kustomisasi, serta untuk navigasi atau pencarian informasi.

Sumber : http://blog.trisakti.ac.id/informazi/2011/12/07/knowledge-portal-dan-km-tools/

KNOWLEDGE PORTAL PPT

Contoh Kasus :
http://www.detik.com/
Pada website www.detik.com memiliki kategori portal :
  • Gathering
  • Categorization
  • Collaboration
  • Publish
  • Search / Navigate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar